0

text dalam wacana

READING COMPREHENSION SKILLS

  1. Scanning : Mencari sepenggal informasi dalam suatu bacaan. Gunanya untuk mencari informasi tertentu secara cepat dan keterampilan ini mendukung keterampilan reference.
  2. Skimming : Membaca kalimat demi kalimat sekilas atau secara cepat untuk membantu menentukan topic noun, main idea, atau topic sentence.
  3. Topic noun : Kata atau frase benda yang menjiwai seluruh paragraf atau bacaan. Biasanya topic noun nempel di main idea atau topic sentence. Cara mudah untuk mencari topic noun adalah dengan menghitung mana yang paling sering muncul atau diulang-ulang dalam sebuah paragraf atau bacaan, baik langsung maupun menggunakan reference atau acuannya.
  4. Reference : Kata ganti benda yang mengacu pada nama diri (nama orang atau tokoh, tempat, benda, dan lain-lain atau adverb of time or place). Reference adalah kata atau frase benda atau kata keterangan yang posisinya sebagai subjek atau objek di dalam kalimat, atau kadang-kadang ada juga sebagai kata keterangan dalam kalimat. Reference meliputi personal pronoun sebagai berikut : I, my, me, mine, you, your, yours, he, his, him, she, her, hers, they, their, them, theirs, we, our, us, ours, boy, girl, man, one(s), it, its, atau pengganti kata keterangan seperti : there, here, in the town or city, at the time, dan seterusnya.
  5. Topic sentence or main idea : Apa yang dibicarakan suatu bacaan atau paragraf. Bersifat umum dan diacu oleh kalimat lain.
  6. Supporting details : Kalimat-kalimat yang mendukung, melengkapi, menjelaskan, merinci, atau memperjelas main idea atau topic sentence. Sifatnya khusus dan menjawab bagian dari main idea or topic sentence atau kalimat penjelas sebelumnya.

BENTUK-BENTUK WACANA

  • Recount adalah bentuk wacana yang isinya menceritakan suatu kisah atau peristiwa, perjalanan, dan lain-lain secara terperinci. Tujuannya untuk menceritakan atau menguraikan kejadian atau perjalanan yang dialami sendiri atau seolah-olah dialami sendiri. Biasanya subjeknya I atau we. Urutan bagian dalam wacana : Orientation - series of events - Reorientation. Orientation itu seperti intro dalam lagu, Record of event urutan kejadian, sedangkan Reorientation merupakan penutup (biasanya ungkapan atan penilaian pribadi atas apa yang telah dialami atau diceritakan).
  • Narrative atau narasi adalah wacana yang biasanya berbentuk dongeng. Urutan isi dalam wacana adalah Orientation - Complication - Resolution. Dalam sebuah wacana bisa saja ada beberapa complication dengan beberapa resolution-nya. Perbedaan narasi dengan recount adalah kalau recount tidak ada konflik (complication) sedangkan dalam narrative ada konflik (complication) atau mudahnya dalam narasi pasti timbul masalah. Misalnya dalam cerita Cinderella, saat Cinderella disekap di rumah untuk bekerja keras dan tidak bisa menghadiri pesta; ini namanya masalah. Tiba-tiba peri datang menolongnya; adalah resolution. Tujuan dari narasi adalah menghibur (to entertain), menasehati (to advice), dan transfer tata nilai kehidupan.
  • Descriptive adalah wacana yang menggambarkan suatu tempat atau lokasi, karakter, peristiwa, atau istilah dengan jelas. Urutan isi dalam wacana : Identification or definition - description of characters or parts or qualities. Setelah pembaca membaca wacana itu, dia menjadi tahu apa sesuatu atau nama atau tempat itu. Tujuan wacana ini adalah untuk memberikan gambaran yang jelas atau menjelaskan kepada pembaca. Wacana ini biasanya diawali dengan definisi. Contoh: Apakah lautan itu? Lautan adalah daerah luas yang terdiri dari air yang dalam. Berbeda dengan laut, lautan biasanya lebih dalam, ada palungnya dan menakutkan.
  • Anecdote (anekdot) merupakan suatu cerita lucu atau kisah singkat mengenai pengalaman yang menarik atau tidak umum atau tidak lazim atau kekonyolan atau kelucuannya timbul karena salah pengertian. Tujuannya adalah untuk menghibur (amuse/entertain).
  • Procedure (prosedur) merupaka suatu teks yang berisi tentang langkah-langkah dalam melakukan sesuatu atau membuat sesuatu atau mengoperasikan sesuatu. Urutan isi dalam wacana : Goal - Materials - Steps. Dalam prosedur disajikan langkah-langkah terurut untuk menuntun pembaca dalam melakukan sesuatu sehingga menghasilkan sesuatu yang sama apabila dikerjakan dengan urutan yang sama. Contoh: Cara membuat mie, menelpon di telepon umum, cara mengoperasikan TV/HP, dan lain-lain. Ciri-cirinya ada langkah-langkah terurut yang harus dilakukan. Tujuan prosedur adalah memberi informasi (to inform) agar pembaca bisa melakukan sendiri untuk mendapatkan hasil serupa.
  • Report (laporan) adalah laporan dari hasil pengamatan, penelitian, pengukuran, wawancara, dan lain-lain mengenai gejala alam atau sosial. Perbedaan recount dengan report adalah kalau report tidak ada bumbu-bumbunya, semua fakta atau berdasarkan penelitian atau pengamatan saja, apa adanya, sedangkan kalau recount ada ungkapan atau penilaian atau perasaan pribadi penulis yang sifatnya subjektif. Perbedaan report dengan descriptive: report dimulai dengan data, descriptive dimulai dengan definisi.

0 comments:

Post a Comment

Back to Top